International Conference on Biology and Enviromental Science (ICOBES) 2017

International Conference on Biology and Enviromental Science (ICOBES) 2017 telah dilaksanakan pada hari Selasa, 19 September 2017 di Hotel Pangeran Pekanbaru, Riau. Acara ini ditaja oleh Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau dan Dr. Fitmawati, M.Si sebagai ketua panitia ICOBES 2017 ini. Event ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati Milad Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau yang telah berdiri selama 20 tahun. Melalui forum-forum ilmiah ini peserta dapat menyeminarkan hasil penelitian, saling bertukar informasi mengenai perkembangan bidang ilmunya, memperoleh ide dan pengetahuan tentang perkembangan riset terkini, dan menjalin kerjasama dengan kolega dari berbagai institusi dalam dan luar negeri serta dapat mempublikasikan artikelnya pada berkala ilmiah bereputasi internasional

Tema event International Conference on Biology and Enviromental Science (ICOBES) 2017 adalah “Future what we want: Diversity and Ecosystem to Achieve Sustainable Development Goal’s (SDG’s) 2030”. Dengan enam subtema yang berfokus pada Biodiversity, Genetic and Bioprocess, Biotechnology, Etnomedicine, Agriculture and Application, dan Environmental Science.

Peserta dalam kegiatan ini adalah dosen, guru, peneliti dan praktisi, dan mahasiswa/i dalam dan luar negeri. Peserta yang terdaftar sebagai oral dan poster presenter sebanyak 84 orang. ICOBES 2017 dihadiri oleh 5 negara di Asia Tenggara yaitu Malaysia, Jepang, Thailand, Brunei Darussalam dan Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh 5 Invited Speaker yaitu Prof. Mien Ahmad Rifai, Ph.D dari Indonesia Institute of Science, Indonesia, Chatchawan Chaisuekul, Ph.D dari Chulalongkorn University, Thailand, Prof. Madya Dr. Sahilah binti Abdul Mutalib dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia, Prof. Dr. Kosuke Mizuno, Ph. D dari Kyoto University, Japan dan Nurmawati bt. Syakroni Apt. Ph.D dari Universiti Putra Malaysia, Malaysia.

ICOBES 2017 merupakan event pertama yang dilaksanakan oleh jurusan Biologi. Kegiatan ini akan terus dilaksnakan setiap tahunnya dan akan menjadi agenda rutin tahunan jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau. kemudian diharapkan juga ICOBES akan terus mengalami peningkatan yang lebih baik dan semakin banyak negara yang mengenal dan tertarik untuk berpartisipasi dalam ICOBES selanjutnya.