KULIAH UMUM BIOLOGI

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat dewasa ini, dengan pertumbuhan yang sangat cepat hingga dalam hitungan waktu yang amat singkat, demikian halnya dengan ilmu-ilmu Biosains. Namun  perkuliahan yang dilaksanakan dikampus cenderung mengacu pada teori dasar yang  mengalami perubahan yang sangat lambat, sehingga produk pemikiran yang dihasilkan oleh dunia kampus memiliki ketimpangan dan ketertinggalan  dengan  Perkembangan ilmu pengetahuan yang ada.

Disisi lain, untuk memasuki dunia kerja diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keahlian dan wawasan yang luas dibidang Biologi secara umum. Dalam rangka penimgkatan wawasan lulusan Biologi diperlukan program penguatan pendidikan untuk menunjang terlaksananya knowledge sharing melalui pendatangan pakar untuk kuliah umum guna meningkatkan daya saing lulusan Biologi.

Dalam rangka meningkatkan wawasan keilmuan dikalangan mahasiswa Biologi,  jurusan Biologi menyelenggarakan Kuliah Umum dengan mengundang para pakar dibidangnya secara reguler. Bertepatan dengan Milad Biologi ke 20th diselenggarakan kuliah umum dengan Pemateri Prof. Dr. Mien Achmad Rifai, M.Sc dari Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia dan LIPI Bogor dengan judul materi Petuah para pemula seputar masalah penelitian untuk artikel berkala ilmia Bermutu. Pemateri kedua adalah Prof. Dr. Achmad Mahir, P.hD dengan judul materi Plant bereeding of Tomato Departement BiologiUniversitas Kebangsaan Malaysia.

Kuliah umun berlangsung sukses dengan dihadiri oleh kurang lebih 400 mahasiswa dari empat angkatan.  Kuliah umun ini berlangsung dengan antusiasme mahasiswa yang tinggi dibuktikan dengan banyaknya mahasiswsa yang bertanya kepada kedua pemateri kuliah umum. Acara ini diakhiri dengan penyeranhan plakat dan penghargaan dari jurusan kepada pemateri dan agenda foto bersama seluruh peserta kuliah umum bersama pemateri.