Laboratorium Mikroteknik

Profil Laboratorium Mikroteknik

 DYAH

 

 

 

 

Ketua Laboratorium : Dra. Dyah Iriani, M.Si

Laboran : Arman Faluti, ST

 

Laboratorium Mikroteknik merupakan laboratorium yang ada di Prodi Biologi FMIPA Universitas Riau. Laboratorium ini merupakan pengembangan dari laboratorium Zoologi dan Botani.

Fasilitas yang ada didalam laboratorium ini meliputi :

  • Mikroskop
  • Water Bath
  • Mikrotom Merk Microm HM 310
  • Hotplate
  • Wise Bath

Kegiatan yang berlangsung di laboratorium berbasis mikroskopis yang meliputi kegiatan praktikum mahasiswa dan penelitian mahasiswa serta dosen. Tidak hanya mahasiswa khusus Prodi Biologi saja yang melakukan kegiatan d laboratorium ini, namun mahasiswa dari jurusan dan fakultas selain FMIPA juga menggunakan fasilitas yang ada di laboratorium mikroteknik Prodi Biologi FMIPA Universitas Riau ini.

Beberapa contoh kegiatan yang berlangsung seperti pembuatan preparat awetan segar, tulang dan juga resin. Kemudian beberapa metode yang digunakan untuk pembuatan sediaan yaitu seperti menggunakan metode parafin, irisan, pewarnaan dan lain sebagainya.

Laboratorium ini selalu aktif digunakan untuk kegiatan di berbagai mata kuliah antara lain :  1. Mikroteknik Hewan (BM12151) 2. Mikroteknik Tumbuhan (BM13114).Mahasiswa yang akan menggunakan fasilitas laboratorium ini terlebih dahulu diwajibkan untuk mengikuti pra laboratorium. Kegiatan ini dimaksudkan agar paham teknis kegiatan laboratorium dan dapat menguasai materi dan terampil dalam bekerja.