Visi dan Misi

misi

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi PENCAPAIAN

 Visi

Program Studi Biologi FMIPA UR sebagai pusatpendidikan dan penelitian yang berorientasi pada sumberdaya hayati dan ekosistem lahan basah yang unggul di Indonesia pada tahun 2035

 Misi

Misi PS Biologi adalah:

  1.  Menyelenggarakan pendidikan biologi yang berorientasi pada pengelolaan  sumberdaya hayati dan ekosistem lahan basah secara berkelanjutan.

  2. Mengembangkan penelitian eksplorasi, bioprospeksi, dan pengelolaan sumberdaya hayati dan ekosistem lahan basah.

  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan denganpemanfaatansumberdayahayatidanpengelolaan ekosistemlahan basah secara berkelanjutan.

  4. Membangun kerjasama dengan pemangkukepentingandari dalam maupun luar negeri di bidang pendidikan, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat yang berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya hayati dan pengelolaan ekosistem lahan basah secara berkelanjutan.

 Tujuan

  1.  MenghasilkanSarjana Biologi yang memiliki kemampuan menganalisis dan menyelesaikan permasalahan,  memiliki keterampilan dan sikap profesional, mampu menyesuaikan diri dan bersaing di duniakerja. 2.

  2. Menghasilkan Sarjana Biologi yang mampu menerapkan dan mengembangkan biologi untuk pengelolaan sumber daya hayati dan ekosistem lahan basah yang berkelanjutan.

  3. Menghasilkan karya ilmiah bertaraf internasional tentang sumber daya hayati dan ekosistem lahan basah yang berkualitas tinggi.

  4. Terwujudnya jejaring kerjasama dengan pemangku kepentingan di bidang pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, dan untuk meningkatkan daya serap terhadap alumni.

 Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran

  • Menghasilkan lulusan yang mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya perairan dan lahan basah yang berwawasan lingkungan.

  • Menghasilkan karya-karya penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang membantu memecahkan permasalahan yang terkait pada perairan dan lahan basah.

  Strategi Pencapaian

  • Peningkatan kualitas SDM: Pengiriman dosen untuk seminar, workshop, training, studi yang diselenggarakan baik pada tingkat nasional maupun internasional. Pada tahun 2015 diharapkan PS akan memiliki 12 dosen berkualifikasi S3 dengan spesialisasi bidang sesuai kebutuhan.

  • Pengembangan kurikulum: Memperbanyak mata kuliah pilihan yang mendukung orientasi penelitian bidang perairan dan lahan basah. Mengarahkan penelitian dosen dan mahasiswa pada bidang perairan dan lahan basah.

  • Pengembangan fasilitas: Pembangunan gedung kantor, ruang kuliah dan laboratorium riset yang lebih memadai yang terpisah dari laboratorium pendidikan pada tahun 2012-2015 (dana APBD).

  • Pengembangan jejaring dan kerjasama: Perluasan relasi baik secara personal maupun institusional untuk menggalang peluang kerjasama pemagangan, pelatihan, pendidikan, temu ilmiah (seminar, lokakarya, konferensi) dan penelitian.

Peningkatan sosialisasi dan seleksi penerimaan mahasiswa: Perluasan diseminasi informasi tentang PS di berbagai kabupaten kota di Riau dan peningkatan nilai kelulusan (passing grade) dalam penerimaan agar terjaring mahasiswa baru dengan kualitas yang lebih baik.